Lensa Nasional

Bupati Way Kanan Terima Penghargaan Anugerah Piala Adipura yang Ketiga Kalinya

Way Kanan – Pemerintah Kabupaten Way Kanan kembali meraih prestasi Tingkat Nasional dengan diraihnya Penghargaan Anugerah Adipura untuk ketiga kalinya secara berturut-turut untuk Kategori Kota Kecil, pada Acara Anugerah Adipura Tahun 2023 di Auditorium Dr. Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (05/03/2024).

Dibawah kepemimpinan Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M, Kabupaten Way Kanan kini kembali menerima Piala Adipura yang diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Drs. Alue Dohong, M.Sc.,Ph.D.

“Alhamdulillah, ini merupakan Penghargaan Adipura ketiga kali berturut-turut dari KLHK RI dan tentunya sebuah prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten Way Kanan, terlebih sebelumnya Tahun 2023 dan Tahun 2024 ini Kabupaten Way Kanan merupakan satu-satunya Kabupaten dari 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung yang meraih Piala Adipura”, ujar Bupati.

Menurut Bupati, pencapaian gemilang Kabupaten Way Kanan di Tingkat Nasinal tersebut merupakan apresiasi dari Pemerintah Pusat atas kerja keras dan dedikasi seluruh masyarakat Kabupaten dalam menciptakan lingkungan bersih, sehat, hijau, dan berkesinambungan terhadap lingkungan yang tentunya hal ini tidak terlepas dari peran serta seluruh masyarakat dan semua pihak.

“Terima kasih atas sinergi dan kerja keras semua pihak, atas adanya peningkatan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah, sehingga kebersihan dapat terjaga. Semoga dengan capaian ini mampu memotivasi, meningkatkan kesadaran masyarakat dan penyemangat kita untuk lebih baik lagi kedepan serta mampu menumbuhkan semangat kebersamaan untuk membangun Kabupaten Way Kanan”, jelas Bupati.

Ditempat terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP yang juga Ketua Tim Adipura Kabupaten Way Kanan menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten telah menerima Undangan dari Kementerian LHK melalui Surat Nomor : UN.13/PSLB3/PAS/PLB.0/2/2024 tertanggal 29 Februari 2024 tentang Penyerahan Penghargaan Anugerah Adipura Tahun 2023. Dijelaskan bahwa Piala Adipura Tahun 2023 merupakan hasil penilaian dari Tim Adipura dari KLHK pada Periode Tahun 2023-2024.

“Pada pertengahan Tahun 2023, Kabupaten Way Kanan telah dinilai Tahap I terhadap capaian Pengelolaan Sampah melalui Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) KLHK. Selanjutnya, pada awal Tahun 2024 kembali kedatangan Tim Penilai Adipura untuk melakukan penilaian Tahap II”, jelas Sekda.

Lebih jelas dipaparkan pula bahwa pada Penilaian Tahap II dilakukan terhadap kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah, dan ruang terbuka hijau. Lokasi Penilaian dilakukan pada 34 titik pantau yang terdiri dari Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA), Perkantoran, Jalan, Pemukiman, Sekolah, Stasiun KA, RSUD, Puskesmas, Bank Sampah, Saluran Terbuka, Hutan Kota, Taman Kota Dan Lainnya.(Ag)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LENSA MEDIA adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp. 085267923352
E-mail : redaksi.lensamedia@gmail.com

STATISTIK PENGUNJUNG

To Top