Lensa Daerah

Pertama di Pringsewu, 16 Pelajar Ikuti Lomba Pidato Berbahasa Lampung

Lensamedia. Net foto humas

Pringsewu,www.lensamedia.net– Sebanyak 16 pelajar SMP se-Kabupaten Pringsewu mengikuti Lomba Pidato Bahasa Lampung 2024 yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat.

Para pelajar ini berasal dari SMP negeri maupun swasta dari sembilan kecamatan di Bumi Jejama Secancanan, dengan juri berasal dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Lampung dan Penyimbang Adat Lampung-Pringsewu.

Pj.Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Pringsewu Hasan Basri saat membuka lomba ini di Aula Paris, Kabupaten Pringsewu, Selasa (3/9/2024), berharap melalui lomba pidato bahasa Lampung serta kegemaran membaca dan memiliki kecintaan pada perpustakaan dapat menjadikan anak-anak sebagai generasi emas yang mencitai budaya nusantara, serta terus menggali potensi dan membumikan nilai-nilai kearifan lokal.

“Hal ini Inshaa Allah akan berdampak pada tumbuhnya kebanggaan dan motivasi untuk terus berkembang dan berprestasi, khususnya pada bidang literasi, yaitu membaca dan berpidato dalam bahasa Lampung, sesuai tema yang diusung yaitu Literasi dan Perpustakaan dan Pelestarian Budaya,” ujarnya.

Untuk itu, ia juga berharap dukungan dan peran serta instansi terkait, Bunda Literasi dan para pemangku kepentingan terkait untuk terus mendorong dan memotivasi agar dapat terus tumbuh dan berkembang.

“Mari kita bersama-sama menciptakan dan membina generasi unggul kebanggaan Kabupaten Pringsewu,” ucapnya.

Plt.Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu Hipni mengatakan Lomba Pidato Bahasa Lampung merupakan salah satu sub kegiatan Program Pembinaan Perpustakaan, dimana di dalamnya terdapat kegiatan pemberian penghargaan Gerakan Budaya Gemar Membaca, yang salah satu sub kegiatannya adalah Lomba Pidato Bahasa Lampung tingkat SMP se-Kabupaten Pringsewu.

“Lomba ini bertujuan menumbuh-kembangkan kegemaran membaca dan literasi anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan dan buku, kemudian melestarikan kebudayaan daerah Lampung disamping munculnya bibit-bibit generasi muda yang menjadi panutan dalam menjalankan kebiasaan gemar membaca dan literasi,” jelasnya.

Lomba Pidato Bahasa Lampung ini merupakan kegiatan rutin tahunan di Provinsi Lampung, namun di Kabupaten Pringsewu merupakan kali yang pertama.

“Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini semakin menumbuhkan minat baca anak-anak dan melahirkan bibit-bibit pemuda-pemudi yang melestarikan budaya daerahnya dari Kabupaten Pringsewu,” harapnya.

Sementara itu, berdasarkan penilaian Lomba Pidato Bahasa Lampung ini, untuk juara pertama diraih oleh Ayu Marisa, pelajar SMPN 3 Pardasuka (nilai 2578). Juara kedua, Salwa G.Nabila, pelajar SMPN 1 Sukoharjo (nilai 2565), dan juara ketiga, Diah Ayuningtyas, pelajar SMPN 1 Adiluwih (nilai 2557). (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LENSA MEDIA adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp. 085267923352
E-mail : redaksi.lensamedia@gmail.com

STATISTIK PENGUNJUNG

To Top