LensaProv

Program Gerbang Desa Sabura Percepat Pembangunan Desa Di Lampung

Bandarlampung, lensamedia.net – Pemerintah telah berupaya mempercepat pembangunan desa di Seluruh Lampung, melalui program Gerbang Desa Saburai hingga saat ini, lebih dari 17 milyar telah disalurkan ke masing-masing 300 juta/ desa. Kemudian untuk memperlancar tugas Kepala Desa, pemerintah juga telah meningkatkan Tunjangan Operasional dari Rp. 3.500.000/ Kepala Desa, menjadi Rp. 6.000.000,-/ Kepala Desa. “Apapun yang dibutuhkan APDESI akan didukung penuh oleh Gubernur Lampung, sepanjang untuk kemajuan daerah kita,” ujar Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo pada Pembukaan Musyawarah Nasional III Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Kamis (11/8/2016) di Balai Keratun Kantor Gubernur Lampung.

Acara dihadiri Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Dirjend. Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Nata Irawan, Anggota FORKOPIMDA, Bupati/Wali Kota Se Provinsi Lampung. Acara dihadiri pula DPD APDESI seluruh Indonesia, 15 DPC. APDESI Provinsi Lampung.
Dikatakan Gubernur, untuk diketahui bahwasannya proses pelaksanaan pembangunan TOL Lampung adalah proses yang tercepat di Indonesia.  Ini adalah keberhasilan kita semua termasuk dukungan penuh dari seluruh Kepala Desa yang ada di Provinsi Lampung. “Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung saat ini adalah terbaik nomor satu di pulau Sumatera. Kerjasama seluruh aparatur mulai dari desa, kecamatan, kabupaten, provinsi adalah kata kunci dari keberhasilan ini. Tentu kita berharap, kedepan kita mampu mengoptimalkan peran fungsi kita sesuai dengan tingkatan, termasuk dukungan dari DPRD, TNI, POLRI serta seluruh masyarakat Lampung,” kata Gubernur.
Lebih lanjut disampaikan, Kepala Desa adalah ujung tombak pemerintahan, Desa adalah bagian dari integral Pemerintahan Indonesia dari pusat hingga daerah. Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Semoga Munas III APDESI dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta menghasilkan keputusan dan rekomendasi untuk kebaikan Bangsa dan Negara kita,” ungkap  Gubernur.

Dijelaskan Karo Humas dan Protokol Bayana, dalam  kesempatan tersebut Dirjend. Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nata Irawan menjelaskan, Jumlah Desa di Indonesia saat ini adalah lebih kurang 74.774 Desa.  Akibat dari banyaknya usulan pemekaran desa maka diperkirakan ditahun 2017 akan bertambah lebih kurang 300 desa. Pemerintah Pusat di Tahun 2015 mengucurkan 20 Triliun untuk desa dan ditahun 2016 telah ditambah menjadi 46,5 Triliun.
“Jika ada persoalan yang salah, terhadap penggunaan anggaran ini, maka yang bertanggung jawab adalah masing-masing daerah sesuai dengan tingkatannya. Karena dana tersebut langsung ditransfer ke Perbendaharaan Kabupaten/ Kota. Kementerian Dalam Negeri mengapresiasi Gubernur Lampung, telah membantu kesejahteraan desa, peningkatan kapasitas aparatur desa, serta program pembangunan di Desa. Hal ini bentuk dukungan Pemerintah Provinsi kepada Desa-desa diwilayahnya,” kata Dirjen.
Kemudian Ketua MPR RI Zuklifli Hasan, SE. MM saat membuka MUNAS III APDESI juga menyampaikan dan mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan diharapan seluruh peserta.

Ketua Umum DPP APDESI dalam laporannya menyampaikan MUNAS III APDESI dengan tema Dari Desa Untuk Indonesia “Terwujudnya Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa yang Maju, Kuat, Mandiri dan Demokratis”. ” APDESI berterimakasih kepada Presiden Republik Indonesia, dikarenakan Pemerintah Sangat peduli dengan Desa,  Mulai dari Dana Desa, Pembangunan diperiode Pemerintahan saat ini begitu besar perhatiannya terhadap Pembangunan Desa. APDESI adalah perpanjangan tangan dari Pemerintah diatasnya,” ujar Ketua Umum APDESI.
Di tahun 2015, jelasnya, telah dianggarkan 300 Triliun, serta ditahun 2016 juga ditingkatkan menjadi 600 Triliun lebih untuk seluruh desa di Indonesia. Di tahun 2017 seluruh desa akan menerima bantuan dana desa sebesar 1 Milyar/ desa. “Wajar jika kita memuji komitmen pemerintah, terhadap percepatan pembangunan desa. Bagi Provinsi lain, perlu mencontoh Gubernur Lampung dalam hal memajukan desa selain ada dana desa, pemerintah Provinsi Lampung juga menganggarkan Rp. 300.000.000/ Desa untuk desa-desa dengan program Gerbang Desa Saburai, ” ujarnya. (Red)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LENSA MEDIA adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp. 085267923352
E-mail : redaksi.lensamedia@gmail.com

STATISTIK PENGUNJUNG

To Top