Lensa Daerah

Membangun Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Kamtibmas

 

Rongkop Gunungkidul, lensamedia.net – Stabil atau tidaknya kondisi dan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan masyarakat saat ini bergantung pada peran serta dan partisipasi masyarakat itu sendiri.

Pasalnya, saat ini banyak hal yang bisa membuat suasana masyarakat Gunungkidul yang tadinya aman kondusif berubah menjadi gaduh karena tidak ada partisi masyarakat dalam menjaga Kamtibmas.

Kapolres Gunungkidul, AKBP. Nugrah Trihadi, S.IK saat Safari Kamtibmas di Kecamatan Rongkop, selasa (13/9/2016) mengatakan. Di era kemajuan zaman saat ini, kemungkinan paling besar terjadinya kegaduhan atau kerusuhan antar masyarakat dipicu dari isu negatif yang merebak dikalangan masyarakat melalui media sosial atau internet.

“Kalau masyarakat termakan isu yang didapat dari media sosial ataupun internet tersebut, tadinya keadaan masyarakatnya yang aman dan kondusif menjadi rusuh dan gaduh bahkan bisa saja saling menghabisi satu sama lain.”kata Nugrah didepan ratusan masyarakat Kecamatan Rongkop di Balai Desa Bohol.

Selain itu, mantan Kapolres Belitung Timur ini juga menyampaikan penyebab lain yang bisa berpotensi terjadinya kegaduhan dimasyarakat seperti maraknya penyalahgunaan dan konsumsi minuman beralkohol dikalangan masyarakat.

“Banyak terjadinya kegaduhan dan kerusuhan antar kelompok masyarakat juga dipicu karena konsumsi alkohol.”beber Perwira Akpol lulusan 1995 ini.

Untuk menghindari terjadinya kegaduhan dan kerusuhan dikalangan masyarakat, AKBP. Nugrah Trihadi mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan menjaga situasi Kamtibmas di wilayahnya masing – masing.

“Dengan terbangunnya kesadaran masyarakat dan partisipasi dalam menjaga Kamtibmas, situasi aman dan kondusif itu tidak akan terjadi.”ajak Nugrah yang saat itu mengenakan kemeja warna putih.

Orang nomor satu di Polres Gunungkidul ini meminta masyarakat untuk bisa bekerjasama dengan Polri dan TNI dalam menjaga Kamtibmas.

“Jadi saya mohon masyarakat jangan segan laporkan dan koordinasikan dengan kami apabila terjadi hal yang bisa memicu suasana Kamtibmas menjadi gaduh dan rusuh. Seperti isu negatif dan peredaran perdagangan miras.”pinta pria kelahiran Kota Cirebon ini.

Untuk diketahui, membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas ini merupakan salah satu program prioritas Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Dalam acara yang bertempat di Balai Desa Bohol Rongkop ini, selain dihadiri sejumlah pejabat utama Polres Gunungkidul juga dihadiri seluruh unsur Muspika Kecamatan Rongkop. (Aw)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LENSA MEDIA adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp. 085267923352
E-mail : redaksi.lensamedia@gmail.com

STATISTIK PENGUNJUNG

Copyright © 2017 LensaMedia.net. All right reserved.

To Top