Lensa Daerah

Walikota Pesankan Pada Pengusaha Agar Berkoordinasi Terkait CSR

Metro,www.lensamedia.net – Walikota Metro A.pairin menyayangkan tidak adanya Koordinasi sebelumnya kepada dirinya perihal CSR (corporate sosial responbility) dari pengusaha yang memberikan bantuan CSR,usai peringatan Hari sumpah pemuda baru-baru ini berlangsung di lapangan Samber kota Metro, Senin (06/11).

Walikota Metro Ahmad Pairin mengatakan hal tersebut saat wawancara kepada lensamedia.net , “Saya ingin mengangkat martabat pengusaha pengusaha di kota Metro, Chandra dept.store akan memberikan CSR bantuan gerobak sampah dan di umumkan agar masyarakat mengetahui.karena Chandra dept.store sudah berbuat untuk kota Metro, jangan ada bahasa di luar Chandra tidak memberikan CSR, itu saya tidak ingin dengar hal tersebut. Dan seperti tadi pada usai upacara peringatan hari sumpah pemuda ke-89,pembawa acara menjadwalkan langsung mengumumkan pemberian CSR Chandra dept.store maksud saya bukan begitu, ” papar Pairin.

“Keinginan saya sebagai walikota, acara penyerahan CSR chandra.dept store menyerahkan bantuan semestinya kepada saya terlebih dahulu setelah itu baru saya serahkan kepada anak-anak saya,jadi penghargaan pemerintah kepada yang ingin menyerahkan CSR nya dan itu yang akan saya lakukan untuk penyampai CSR dari seluruh pengusaha yang lain,” jelas Pairin.

Selanjutnya Pairin menambahkan, “kami telah menyampaikan kepada pengusaha di kota Metro, apa sih yang akan mereka berikan kepada masyarakat kota Metro, harapan saya mesti Koordinasi dengan pemerintah daerah, jangan memberikan langsung-langsung inikan tanpa ada Koordinasi, ini awal nya langsung jalan tidak ada Koordinasi, koordinasi lah, Kami juga tidak akan menggangu ini, seperti apa CSR yang diberikan kepada rakyat dan seperti apa patokannya. kami juga tidak akan mengutik-utik silahkan hanya kami mengetahui, jangan sampai disini memberikan kontak sampah disana kotak sampah, kita bisa menjelaskan ini kepada pemberi bantuan CSR, bahwa jenis bantuan CSR yang berupa kotak sampah sudah dari pengusaha yang lain, bisa juga dengan berupa bantuan CSR yang lain, ” jelas Pairin.

Terpisah Kepala Bappeda kota Metro Ir.H.bangkit Haryo Utomo saat di wawancara Lensamedia.co di kantornya Mengatakan, “Seluruh pengusaha sudah memberikan CSR tetapi tidak dilaporkan kepada pemerintah daerah, pengusaha dilingkungan nya sudah membantu itu yang kita minta data nya jadi mereka ada guna nya melakukan kegiatan CSR, sekarang kan tidak ,apabila kami tanya berikut data nya mereka menjawab sudah dan ternyata tidak ada data. Dan ini kami perbaiki.
Untuk melaporkan data-data tersebut, setiap tahunnya ada bantuan dari pengusaha namun tidak di laporkan, sekarang ini kita minta laporan ke mereka bahwa mereka telah memberikan CSR dan ada data nya bila perlu sebelum nya di Laporkan terlebih dahulu ke pemerintah daerah, kita buat acara Penyerahan nya,kalau kemarin sudah sebagian besar sudah tetapi tidak dilaporkan ke kita, nah sekarang tahun ini sudah mulai, seperti kemarin CSR gerobak sampah dari chandra. Dept.store sudah dilaporkan, tidak seperti dulu selanjutnya yang lain jangan lagi langsung masing-masing membagikan, tidak dikoordinasikan kepada Pemkot Metro,” ujar bangkit.

Kabid ekonomi Bappeda kota Metro Hari Subagiyo ST, M.Si saat dikonfirmasi mengatakan , “Maksud pak wali memang ada yang sebagian tidak dikoordinasikan, tempo hari sudah dua kali para pengusaha sudah kita panggil ke ruang pak wali mau nya Pemerintah daerah mereka ada list seperti ini dan dari pengusaha juga ada konsen masalah sampah jadi kebetulan pada hari sumpah pemuda kemarin kebetulan acara penyerahan CSR dari chandra dept.store Metro, kita punya program menangani sampah dengan itu perlu bentor,gerobak sampah dan direspon oleh Chandra dept.store, Makanya yang kata pak wali selama ini tidak ada Koordinasi, sekarang sudah dikoordinasikan sudah dua kali kita panggil ke ruang pak wali dan menyanggupi itu, ” ungkap Hari.

Kabid pengendalian pemantauan dan kemitraan Dinas lingkungan Hidup Eva yuliasih saat dikonfirmasi terkait CSR bantuan dua puluh gerobak sampah Chandra.dept.store mengatakan, “Mengenai kegiatan ini ada di Bappeda, kami Koordinasi dengan Bappeda dan memerintahkan lingkungan hidup Karena yang terkait dibidang kami dengan arahan mana saja yang membutuhkan dan ada beberapa masyarakat yang sudah mengajukan proposal dan berdasarkan proposal tersebut lah kami membagikan CSR, kami diberikan wewenang oleh Bappeda untuk bantuan CSR gerobak sampah, arahan Bappeda ini ada bantuan dari Chandra silahkan siapa-siapa yang membutuhkan, jadi kami membagikan sesuai dengan permintaan. Dan yang berwenang melakukan koordinasi, Komunikasi ada di Bappeda ,” ujar Eva. (richard).

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LENSA MEDIA adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp. 085267923352
E-mail : redaksi.lensamedia@gmail.com

STATISTIK PENGUNJUNG

To Top