LensaKota

Setelah Launching Tecno Park, SMK Muhammadiyah 1 Metro Gelar Seminar Tecnopreneur

Metro,www.lensamedia.net – Setelah sukses melaksanakan Launching Tecno Park pada (14/8) yang langsung diresmikan oleh Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung yang diwakili Kepala Sesi Kurikulum,Wilson, kini SMK Muhammadiyah 1 Metro menggelar seminar Tecnopreneur, Rabu (15/8/2018).

Sebelumnya Wilson menyatakan bahwa di Lampung ada 3 Technopark yakni di Kota Bandar Lampung berbasis pariwisata, Waykanan berbasis agribisnis, dan Kota Metro berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan utama program Technopark di SMK adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK yang relevan dengan kebutuhan industri.

 

“Saya berharap technoparak di SMK Muhammadiyah 1 Metro ini dapat bermanfaat sebagai pusat pengembangan produk dan jasa sesuai dengan kebutuhan industri dalam potensi lokal dan pada umumnya (red),”ungkapnya.

Kali ini, seminar Tecnopreneuer dengan tema “Ubah Hobi Jadi Duit” yang diperkasai oleh SMK Muhammadiyah 1 Metro dengan mendatangkan pembicara atau narasumber langsung dari Bandung Tecno Park, Amir Hamzah Alkatiri, ini membahas tentang bagaimana memulai usaha dengan memanfaatkan teknologi digital yang kian diminati, yakni website dan sosial media.

“Dengan adanya program SMK Techno Park ini diharapkan bisa mengurangi tingkat pengangguran lulusan SMK, Penerapan otomasi di dunia industri menjadi penyebab banyaknya tenaga kerja SMK yang tidak terserap karena tenaga manusia telah tergantikan oleh mesin robot maka dari itu pengembangan inovasi kewirausahaan ini bisa menjadikan lulusan SMK mempunyai kemampuan mengembangkan bisnisnya sejak usia dini,” ujar Amir.

Lebih lanjut, dikatakan Amir bahwasannya para siswa SMK Muhammadiyah 1 Metro yang terpilih ini memiliki potensi sebagai wirausahawan handal diwaktu yang akan datang untuk menciptakan banyak lapangan pekerjaan yang berguna bagi masyarakat luas.

“Program ini diharapkan menjadikan siswa mempunyai kemampuan wirausaha yang handal sebagai solusi alternatif sulitnya mencari pekerjaan di masa sekarang ini. Semoga adanya program ini menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru yang bermanfaat untuk masyarakat luas,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Inkubasi Tecno Park SMK Muhammadiyah 1 Metro, Taufik menjelaskan para siswa yang hadir dikegiatan tersebut merupakan siswa yang sudah menjadi anggota Tecno Park sekolah tersebut serta mendatangkan alumni yang memiliki basic TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) guna mengembangkan project kewirausahaan Tecno Park tersebut.

“Kenapa tidak semua siswa kita ikutkan karena program ini hanya menjaring calon-calon start up (bisnis rintisan) dan yang mengikuti seminar ini sebelumnya telah mengajukan proposal. Kedepannya kita akan evaluasi perkembangan start up di Kota Metro khususnya di SMK Muhammadiyah dengan harapan mereka sudah melek akan dunia start up agar menciptakan lapangan pekerjaan bagi oranglain karena dikota-kota besar start up sudah menjadi trend dan pastinya sukses, kita juga harus bisa,” ucapnya.

Hal senada juga diutarakan Kepala Sekolah SMK Muhammdiyah 1 Metro, Rohaniya, S.Pd.,M.Pd yang mengharapkan para start up ini menjadi wirausahawan handal yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

“Pengembawan kewirausahaan ini nantinya akan dia biayai jadi memang sudah ada anggaran untuk usaha apa yang akan dilakukan, untuk besaran anggaran tersebut tidak sampai lima juta rupiah ya harapannya jelaslah ya agar para start up ini menjadi wirausahawan handal yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain,” ungkapnya.

Seperti yang diketahui,sebelumnya SMK Muhammadiyah 1 Metro telah mengikui pembinaan tentang Tecno Park di Bandung pada (4/7) lalu dengan harapan SMK Muhammadiyah 1 Metro menjadi sekolah pertama di Kota Metro yang sukses meresmikan Tecno Park sekaligus sebagai pusat dari beberapa Teaching Factory atau Unit Produksi… (put)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LENSA MEDIA adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp. 085267923352
E-mail : redaksi.lensamedia@gmail.com

STATISTIK PENGUNJUNG

To Top