Advetorial

Nanang Ermanto Tinjau Lokasi Banjir Di Bkauheni, Pastikan Bantuan Segera Dikirim

Lampung selatan  www.lensamedia.net-  Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang meninjau kawansan yang terdampak banjir di Kecamatan Bakauheni, Minggu (28/4/2019) sore.

Didampingi Kepala BPBD Lampung Selatan dan Camat Bakauheni serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, Nanang mendatangimlokasi yang terdampak banjir paling parah, di di Dusun Muara Bakau, Desa Bakauheni.

Banjir akibat hujan deras yang terjadi pada Sabtu (27/4/2019) sore hingga malam hari tersebut, menyebabkan 90 puluh rumah warga terendam hingga selutut orang dewasa.

Kadus Muara Bakau, Suhartono menuturkan, salah satu penyebab banjir tersebut karena alih fungsi lahan di kawasan perbukitan Desa Muara Bakau.

Bukit itu kata dia, merupakan penyangga air, yang saat ini berubah fungsi menjadi lahan perkebunan. Akibatnya, ketika hujan deras, bukit itu tidak lagi dapat menahan debit air.

“Baru kali ini pak, Dusun Muara Pilu kebanjiran,” terang Suhartono kepada Plt Bupati Lampung Selatan disela meninjau lokasi banjir.

Dalam kesempatan itu, Nanang mengharapkan kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarang ke sungai. Dia juga meminta warga dapat menjaga keseimbangan ekosistem alam.

“Ini (banjir) akibat ulah manusia juga. Kalau kita bisa menjaga alam, alam pun akan menjaga kita. Saya minta masyarakat jangan main tebang pohon sembarangan, reboisasi harus kita perhatikan. Jangan buang sampah juga ke kali,” tukas Nanang.

Kendati tidak menimbulkan korban jiwa, luapan air dari kali Muara Bakau menimbulkan kerusakan pada sejumlah perabotan rumah tangga warga. Bahkan, dinding rumah Jamilah (46) yang terbuat dari geribik jebol pada bagian bawahnya.

Sementara, berdasarkan informasi dari Camat Bakauheni,  Zaidan menjelaskan, sebanyak 150 rumah warga terendam di Dusun Kenyayan,  20 rumah di Dusun Pegantungan, dan 90 rumah di Desa Muara Bakau tergenangi air dengan ketinggian hingga selutut orang dewasa.

Rencananya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan akan memberikan bantuan untuk Kecamatan Bakauheni sebanyak 260 paket, Kecamatan Merbau Mataram 6 paket, dan Kecamatan Sidomulyo sebanyak 50 paket.

“Pak Plt Bupati sudah menginstrukikan agar segera mengirim bantuan, dan mudah-mudahan besok (Senin, 29/4) akan kita salurkan,” ujar Kepala Dinas Kominfo Lampung Selatan, M. Sefri Masdian yang ikut mendampingi meninjau lokasi banjir di Kecamatan Bakauheni. (kmf/diki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LENSA MEDIA adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp. 085267923352
E-mail : redaksi.lensamedia@gmail.com

STATISTIK PENGUNJUNG

To Top