Lensa Daerah

Dikabarkan Akan Naik, ‘Rokok 50’ Jadi Tranding Topic di Medsos

Yogyakarta, lensamedia.co – Pemerintah mengaku mendengarkan usulan kenaikan harga rokok menjadi Rp 50.000 per bungkus. Oleh karena itu, pemerintah akan mengkaji penyesuaian tarif cukai rokok sebagai salah satu instrumen harga rokok.

“Cukai rokok belum kami diskusikan lagi, tapi kami kan biasanya setiap tahun ada penyesuaian tarif cukainya,” ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (17/8/2016) seperti dilansir lensamedia.net dari JPNN.

Selama ini, harga rokok di bawah Rp 20.000 dinilai menjadi penyebab tingginya jumlah perokok di Indonesia. Hal tersebut membuat orang yang kurang mampu hingga anak-anak sekolah mudah membeli rokok.

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany dan rekan-rekannya, ada keterkaitan antara harga rokok dan jumlah perokok.

Dari studi itu terungkap bahwa sejumlah perokok akan berhenti merokok jika harganya dinaikkan dua kali lipat. Dari 1.000 orang yang disurvei, sebanyak 72 persen bilang akan berhenti merokok kalau harga rokok di atas Rp 50.000.

Maraknya kabar rencana kenaikan harga rokok pun juga ramai diperbincangkan di twitter, salah media sosial yang sedang trend saat ini. Tak salah, hastag Rokok 50 menempati urutan keenam tranding topic Nasional, Kamis (18/8/2016).

Banyak cuitan masyarakat menanggapi dan setuju dengan kabar itu. Contohnya saja pemilik akun twitter @LuhDewi46, ‘Rokok harga 50 ribu gw setuju! Kalau bisa naikin sampai 100 ribu,’.

Selain itu pemilik akun lainnya, @salsaabilla_FA juga menyambut gembira kabar kenaikan harga rokok itu, ‘Akhirnya harga rokok 50 ribu, semoga dampak meroko jadi berkurang’. (Aw/lm/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LENSA MEDIA adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp. 085267923352
E-mail : [email protected]

STATISTIK PENGUNJUNG

Copyright ยฉ 2017 LensaMedia.net. All right reserved.

To Top